Menguji Adrenalin, Arung Jeram di Citarik Sukabumi – Indonesia

“Menguji Adrenalin, Arung Jeram di Citarik Sukabumi – Indonesia”

Sukabumi dikenal sebagai salah satu daerah di Jawa Barat yang memiliki beberapa sungai yang cukup menantang untuk kegiatan arung jeram. Maka tak heran jika para pecinta arung jeram selalu membidik untuk merasakan sensasi berpacu melawan derasnya arus di kawasan ini. Meski dari segi akses, Sukabumi cukup jauh dari Jakarta, hal ini tidak menyurutkan semangat para pecinta arung jeram untuk menginjakkan kaki di sana. Ya, jarak dari Jakarta ke lokasi arung jeram di Sukabumi memang bisa dikatakan cukup jauh dan membutuhkan waktu tempuh yang relatif lama. Estimasi waktu tempuh untuk sampai di lokasi arung jeram antara 5-6 jam, jika menggunakan bus, untuk peserta rombongan dari perusahaan. Namun Anda bisa menempuh waktu yang lebih singkat dengan menggunakan kendaraan pribadi, sekitar 3-4 jam. Tapi itu semua tergantung hari dan jam keberangkatan dari Jakarta.

Walaupun menempuh perjalanan yang sedikit lebih lama dan perjalanan yang sedikit lebih lama jika dibandingkan dengan perjalanan menuju lokasi arung jeram di Bogor, namun semua itu akan terbayar dengan uang tunai setelah Anda merasakan serunya balapan melawan derasnya arus sungai-sungai yang ada di Sukabumi. daerah. Sungai Citarik yang terletak di Kecamatan Cikidang, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat rata-rata memiliki tingkat kesulitan kelas 3 sampai kelas 5 (menengah).

Dengan adanya pemandu arung jeram dan operator yang selalu siap memandu, sungai ini masih aman bagi pemula yang ingin merasakan serunya arung jeram. Selain itu disini juga banyak permainan lainnya seperti flying fox, team building, paintball, dan lain-lain.

Sungai ini memiliki kelebihan dibandingkan sungai-sungai lain di tanah air. Sungai Citarik memiliki debit air yang stabil, air bersih, dan arus yang relatif stabil sepanjang tahun. Jeram dan bebatuan di sungai ini cukup banyak dengan tingkat kesulitan yang bervariasi. Selain itu, jalur arung jeram di Sungai Citarik telah memenuhi standar International Rafting Federation (IRF).

See also  Pesona 11 Tempat Wisata di Cianjur – Indonesia

Dalam kegiatan arung jeram, peserta akan dipandu oleh pemandu yang berpengalaman, menggunakan fasilitas peralatan berstandar internasional.

Peserta akan didampingi oleh tim penyelamat yang akan selalu siaga jika terjadi hal-hal yang tidak diinginkan selama arung jeram. Bahkan, setiap peserta arung jeram akan diberikan perlindungan asuransi. Dengan segala kelebihan yang dimilikinya, Sungai Citarik menjadi tuan rumah Kejuaraan Dunia Arung Jeram 2015. Biasanya Sungai Citarik sering digunakan untuk kegiatan rekreasi perusahaan karena sifatnya yang team-building. Namun, bagi Anda yang ingin datang bersama beberapa orang, jangan khawatir. Pengunjung sungai ini cukup banyak sehingga Anda bisa bermain dengan orang lain secara berkelompok. Panjang rute arung jeram di Sungai Citarik memakan waktu rata-rata 4 jam. Titik awal adalah di Desa Cigelong dan berakhir di Desa Citangkolo atau Desa Cikadu. Menyusuri arung jeram di Sungai Citarik, suguhan pemandangan hijau akan menjadi atraksi yang menghibur di sela-sela histeria rombongan.

Beberapa Lokasi Arung Jeram di Sukabumi

Untuk wilayah Sukabumi, ada dua sungai yang sangat familiar bagi para pecinta arung jeram, yaitu:

1. Sungai Citatih

Sungai Citatih merupakan salah satu sungai yang memiliki grade (tingkat kesukaran) III – IV (dari skala 0 – VI). Berdasarkan skala tersebut, dapat diketahui bahwa aktivitas arung jeram di sungai Citatih akan sangat menantang. Karena salah satu ciri sungai kategori grade III+ ini adalah memiliki jeram yang besar dengan debit air yang stabil, aliran sungai yang deras dan juga hampir ekstrim. Karena jika sungai tersebut sudah masuk kategori grade V-VI, maka ini termasuk kategori bahaya dan tidak boleh digunakan untuk kegiatan wisata arung jeram.

Sungai Citatih merupakan permainan bagi para pecinta arung jeram dari berbagai daerah di Jakarta dan Jawa Barat, bahkan terkadang bagi mereka yang berasal dari kedua daerah tersebut. Hal ini dikarenakan sungai Citatih memiliki grade yang sangat ideal untuk kegiatan arung jeram. Bahkan, sungai Citatih sudah sangat sering diliput oleh media televisi untuk program liburan dan petualangan.

See also  Surga wisata alam Labuan Bajo – Indonesia

Untuk jarak arung jeram, ada tiga kategori yang bisa Anda pilih yaitu jarak 9 KM, 13 KM dan 22 KM. Jarak arung jeram 9 KM ini biasa disebut Family Trip oleh operator arung jeram, dengan waktu tempuh 1 jam. Sedangkan jarak arung jeram 12 KM biasa disebut Adventure Trip dengan waktu tempuh 3 jam. Dan jarak terjauh, 22 KM biasa disebut Fullday Trip dengan waktu tempuh 4 jam. Selama arung jeram anda akan disuguhi pemandangan yang cukup indah, suasana pedesaan dengan budaya sunda.

Arung jeram di sungai Citatih Sukabumi, sangat cocok untuk keluarga, pemula dan juga anda yang sedang menjelajah tantangan. Untuk menuju lokasi arung jeram ini, anda harus mengarahkan kendaraan anda ke Pelabuhan Ratu, dan anda dapat memarkir kendaraan anda di desa Warung Kiara.

2. Sungai Citarik

Sungai Citarik memiliki popularitas yang lebih baik jika dibandingkan dengan sungai Citatih. Hal ini dibuktikan dengan kejuaraan dunia arung jeram yang diadakan oleh International Rafting Federation pada tahun 2015. Dengan kehormatan seperti ini, tidak diragukan lagi keseruan yang akan Anda rasakan saat berarung jeram di sungai Citarik.

Dengan kadar yang bervariasi, membuat sungai Citarik memiliki keseruan tersendiri. Sungai Citarik memiliki debit air yang stabil sepanjang tahun, dengan kondisi air yang cukup jernih membuat Anda merasa cukup nyaman untuk basah-basahan.

Jarak arung jeram yang disediakan di sungai citarik ini membuat aktivitas arung jeram di sungai citarik ini bisa dinikmati bagi anda yang baru pertama kali mencobanya dan juga untuk keluarga. Sedangkan bagi Anda yang menyukai ‘kegilaan’ arus deras, lokasi ini sangat direkomendasikan untuk Anda.

Beberapa kelebihan yang dimiliki oleh lokasi arung jeram sungai citarik ini adalah kemudahan akses karena kondisi jalan yang sangat baik dan juga fasilitas penunjang penginapan yang sangat lengkap. Sehingga menjadikan petualangan arung jeram di lokasi sungai Citarik ini sangat ideal. Bahkan bisa dikatakan melakukan aktivitas arung jeram di sungai Citarik sangat dianjurkan.

See also  Melihat keindahan kawah di Tangkuban Perahu – Indonesia

Untuk menuju lokasi arung jeram sungai Citarik, dari Jakarta anda bisa melewati tol Jagorawi lalu keluar pintu tol Ciawi. Melanjutkan perjalanan menuju Sukabumi. Kemudian belok kanan di perempatan Cikidang, lalu ikuti jalan tersebut hingga menemukan penanda lokasi arung jeram sungai Citarik.

Harga paket arung jeram Citarik berlaku dengan syarat dan ketentuan sebagai berikut:

  • Harga paket arung jeram Citarik Sukabumi dihitung per orang dalam Rupiah.
  • Jumlah minimum peserta ditentukan sebagai berikut.
  • Paket Pilihan Terbaik minimal 5 orang jika aktivitas dilakukan pada hari kerja (Senin – Jumat), kecuali paket kode B7 dan B8 untuk minimal 10 orang.
  • Paket Best Choice tidak dikenakan minimal jumlah peserta jika kegiatan dilakukan pada hari libur (Sabtu, Minggu dan libur nasional), kecuali paket dengan kode B7 dan B8 minimal 10 orang.
  • Paket Pilihan Terbaik minimal 10 orang setiap hari.

Leave a Comment

Your email address will not be published.