12 Tempat Wisata Di Purwakarta – Indonesia

“12 Tempat Wisata Di Purwakarta – Indonesia”

Purwakarta adalah salah satu kecamatan di Kabupaten Purwakarta, Provinsi Jawa Barat, Indonesia. Pusat pemerintahan Kabupaten Purwakarta berada di Kabupaten Purwakarta. Kecamatan ini memiliki jumlah penduduk terbanyak dibandingkan kecamatan lainnya, dan menurut data sensus penduduk tahun 2010 jumlah penduduk kecamatan ini adalah 165.447 jiwa.

Kecamatan ini juga memiliki banyak kegiatan komersial, menjadikannya sebagai kecamatan tersibuk dan terpadat (18,38% dari total penduduk Kabupaten Purwakarta) meskipun memiliki luas terkecil di antara kecamatan lainnya (2,71% dari luas wilayah Purwakarta). wilayah kabupaten). Kecamatan Purwakarta memiliki ketinggian kurang lebih 84m di atas permukaan laut. Di kecamatan ini terdapat sebuah danau kecil yaitu Situ Buleud yang melambangkan kota Purwakarta. Kabupaten Purwakarta sering disebut Kota Purwakarta.

Situ buleud berasal dari bahasa Sunda yaitu Situ yang berarti danau kecil dan Buleud yang berarti lingkaran. Jadi dapat diartikan bahwa buleud adalah situ (danau kecil) yang berbentuk lingkaran. Namun jika dilihat dari atas tidak melingkar, melainkan berbentuk seperti stadion sepak bola. Situ Buleud menjadi tempat wisata dan terletak di jantung kota, Situ Buleud juga digunakan sebagai tempat lari setiap hari Minggu. Ciri yang menjadi simbol dari danau ini adalah juga adanya patung badak, karena dulunya merupakan tempat mandi atau memandikan badak, namun sekarang sudah tidak ada lagi. Karena badak sudah menjadi hewan langka. Di sana, ada hotel sederhana, yaitu Grand Situ Buleud. Di kecamatan ini juga terdapat stasiun pusat untuk kabupaten Purwakarta yang terletak di JL.KK. Singawinata dan tidak jauh dari sana Buleud.

Tempat wisata di Purwakarta

1. Cikao Park

Taman Cikao adalah lokasi baru yang indah yang sedang hits di Purwakarta. Meski baru populer beberapa bulan terakhir, kawasan ini seperti oase di padang pasir. Bahkan, hampir setiap akhir pekan, destinasi ini selalu ramai dikunjungi wisatawan, baik wisatawan lokal maupun mancanegara.

Selain panorama alam yang masih asri, tempat wisata ini menawarkan berbagai permainan yang memiliki nilai edukasi. Ada waterpark bernuansa alam dan pantai, animal park dengan koleksi langka, bird park, minizoo, play area, gazebo, dan garden lampion.

See also  Pesona 11 Tempat Wisata di Cianjur – Indonesia

Lokasi: Desa Cisalada, Kecamatan Jatiluhur, Kabupaten Purawakarta, Jawa Barat.

2. Waduk Jatiluhur

Waduk Jatiluhur merupakan waduk buatan pertama di Indonesia yang dibangun pada tahun 1957. Awalnya waduk ini berfungsi sebagai irigasi, pembangkit listrik, budidaya ikan, dan bahan baku air minum. Seiring berjalannya waktu, Waduk Jatiluhur berkembang menjadi tempat wisata di Purwakarta karena memiliki panorama yang indah sehingga dijadikan sebagai potensi wisata yang dapat mendatangkan wisatawan.

3. Taman Air Mancur Sri Baduga Situ Buleud

Taman Air Mancur Sri Baduga Situ Buleud merupakan satu lagi tempat wisata di Purwakarta yang sayang untuk dilewatkan. Danau seluas 4 hektar ini memiliki daya tarik karena memiliki air mancur Taman Sri Baduga yang mirip dengan air mancur di Singapura. Tidak hanya itu, keindahan tempat wisata ini juga ditunjukkan dengan efek cahaya dan api di atas air dengan gerakan yang bervariasi sesuai dengan hentakan irama musik yang dimainkan. Pemandangan efek cahaya ini disajikan setiap hari Sabtu dari pukul 20.00 hingga 22.00 WIB.

4. Hidden Valley Hills Purwakarta

Hidden Valleyhills merupakan salah satu tempat wisata terbaru di Purwakarta yang meliputi villa, skypool dan resort. Meski masih dalam tahap perbaikan, destinasi ini sudah ramai dikunjungi wisatawan. Padahal, kunjungan mereka hanya untuk selfie. Terdapat beberapa spot foto keren di beberapa sudut, yang bila diabadikan akan terlihat cantik dan instagramable. Pemandangan disini juga sangat menakjubkan, anda akan disuguhi panorama yang indah dari Gunung Lembu, Gunung Cupu hingga Gunung Parang. Bahkan, bendungan Jatiluhur terlihat jelas. Dengan udara sejuk yang sejuk, Anda akan betah berlama-lama di sini. Lokasi: Desa Cibodas, Kecamatan Sukatani, Purwakarta, Jawa Barat.

5. Katumbiri Hill

Katumbiri dalam bahasa Sunda berarti Pelangi, sehingga destinasi ini juga bisa disebut Bukit Pelangi. Salah satu tempat wisata terbaru di Purwakarta yang dibuka sekitar awal tahun 2018 ini. Di atas Bukit Katumbiri terdapat pemandangan luas yang indah, terasering yang unik hingga kawasan perbukitan hijau yang udaranya masih sejuk dan menyegarkan. Di sana, kamu bisa berfoto selfie di beberapa spot instagramable mengikuti tren wisata kekinian. Seperti gardu pandang, jembatan dan rumah pohon. Lokasi : Bukit Katumbir, Kecamatan Kiarapedes, Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat.

See also  Liburan ke 10 Tempat Wisata Di Ciwidey – Indonesia

6. Tebing Boyer

Tebing Boyer juga menjadi objek wisata yang belakangan ini menjadi destinasi pilihan untuk menikmati pemandangan pedesaan di atas perbukitan. Hingga tahun 2021, biayanya sekitar Rp. 20.0000 untuk tiket masuk dan biaya parkir, lumayan murah kan. Lokasi: Desa Talun, Desa Tajusindang, Kecamatan Sukatani, Purwakarta.

7. Curug Tilu

Curug Tilu, memiliki daya tarik alam yang relatif belum terjamah oleh tangan manusia dengan pesona yang luar biasa. Tepat di air terjun utama, Anda akan dimanjakan dengan pemandangan alam yang hijau dengan kontur khas bebatuan pegunungan. Warna air di Curug Tilu terlihat hijau, persis seperti ‘Grand Canyon’ di Pangandaran, cocok untuk Anda yang suka berenang di air yang jernih. Ada persewaan pelampung bagi anda yang tidak bisa berenang, jadi jangan khawatir bermain air di sini, pasti seru. Lokasi: Desa Ciririp, Kecamatan Sukasari, Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat.

8. Situ Wanayasa

Situ Wanayasa merupakan sebuah danau alami yang berada di ketinggian 600 meter di atas permukaan laut dengan udara yang sejuk dengan panorama Gunung Burangrang. Uniknya, ada sebuah pulau di tengah danau tempat makam RA dibangun. Suriawinata, pendiri Purwakarta yang merupakan Bupati Karawang ke-9. Pemandangan di sekitar danau sangat indah. Anda dapat mengelilingi danau dengan perahu bebek, menikmati berbagai permainan air, memancing ikan dan jogging. Lokasi: Jl. Raya Wanayasa No. 36, Kecamatan Wanayasa, Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat.

9. Giri Tirta Kahuripan

Skypool Giri Tirta Kahuripan, tempat lucu yang akan memanjakan Anda dengan suasana alam yang menakjubkan seperti negeri di atas awan. Destinasi wisata ini merupakan bagian dari agrowisata Resort Giri Tirta Kahuripan yang meliputi fasilitas hotel, restoran dan berbagai spot keren untuk kegiatan outbond. Di tempat ini, Anda bisa mencoba sensasi mandi sambil menikmati pemandangan alam di Purwakarta dari ketinggian 500 meter di atas permukaan laut. Sensasinya luar biasa dan pasti tak terlupakan. Lokasi: Desa Taringgul Tonggoh, Kecamatan Wanayasa, Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat.

10. Jatiluhur Water World

See also  Surga wisata alam Labuan Bajo – Indonesia

Jatiluhur Water World merupakan tempat wisata keluarga dengan berbagai wahana air di dalamnya. Terdapat 4 kolam renang dengan berbagai ukuran yang bisa Anda gunakan untuk berenang, mulai dari kolam anak-anak hingga kolam dewasa. Selain itu, ada juga wahana seru yang cukup menantang, seperti Seluncuran Air dengan ketinggian 7-11 meter, seluncuran dengan rute terpanjang 43 meter, dan permainan Jet Sky bagi anda yang belum pernah mencoba. dia. Tempat ini tidak hanya menyediakan kolam renang dan wahana air yang asyik, lebih dari itu Anda juga akan dimanjakan dengan suasana alam di sekitarnya. Lokasi : Jatimkar, Kecamatan Jatiluhur, Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat.

11. Gunung Parang

Dari atas, Anda bisa menikmati keindahan alam Purwakarta yang begitu menyejukkan mata. Bahkan jika Anda beruntung Anda dapat menemukan momen matahari terbenam di sore hari. Agar lebih seru, kamu bisa mencoba momen santai di atas hammock, dan abseiling atau rappeling di atas ketinggian dengan pemandangan yang sejuk di bawah kamu. Masih kurang? Gunung ini juga menyediakan spot khusus bagi pecinta panjat tebing dengan teknik pendakian yang lebih aman. Lokasi: Desa Sukamulya, Kecamatan Tegal Waru, Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat.

12. Gunung Lembu

Anda bisa menikmati liburan seru dengan sensasi petualangan saat mengunjungi Gunung Lembu. Tak sedikit traveler yang mengatakan jalur pendakian Gunung Lembu sangat sulit, namun semua rasa lelah akan hilang begitu mencapai puncaknya. Sore hari, Anda bisa menikmati indahnya pemandangan sekitar sambil menunggu matahari terbenam. Kemudian pada malam hari, Anda bisa menikmati keindahan lampu yang menerangi desa-desa di Purwakarta. Selain itu, eksotisme Waduk Jatiluhur terlihat jelas dari ketinggian 792 meter di atas permukaan laut, hingga berfoto selfie di atas batu besar di puncaknya. Lokasi: Desa Panunggal, Desa Panyindangan, Kecamatan Sukatani, Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat.

Leave a Comment

Your email address will not be published.