Wisata dan Budaya

Surga wisata alam Labuan Bajo – Indonesia

“Surga wisata alam Labuan Bajo – Indonesia”

Labuan Bajo adalah surga tersembunyi di Indonesia bagian timur. Desa ini terletak di Kecamatan Komodo, Kabupaten Manggarai Barat, Provinsi Nusa Tenggara Timur yang berbatasan langsung dengan Nusa Tenggara Barat dan dipisahkan oleh Selat Sape. Labuan Bajo merupakan salah satu dari lima Destinasi Super Prioritas yang sedang dikembangkan di Indonesia. Destinasi ini menyimpan keindahan alam yang menakjubkan dan hewan purba yang mendunia. Mulai dari komodo yang endemik di Taman Nasional Komodo, deretan pulau eksotis, keanekaragaman hayati bawah laut, hingga pantai-pantai fantastis, semuanya bisa Anda temukan di Labuan Bajo.

Sejarah Labuan Bajo

Sejarah Labuanbajo dimulai dengan kedatangan orang Bugis/Badjo di daratan Flores, tepatnya di pesisir pantai wilayah Gorontalo. Selanjutnya mereka menetap di pesisir pantai membentuk budaya bahari. Menurut masyarakat Labuan Bajo, terjadi sengketa kawasan pemukiman dan akhirnya kawasan pemukiman mulai bergeser dan berkembang di Labuan Bajo saat ini. Oleh karena itu, nama Bajo diambil dari kata Badjo yang merupakan suku pengembara laut yang terkenal. Labuan Bajo terus berkembang sebagai kota wisata, membenahi diri dari peradaban bahari tradisional sebagai nelayan hingga industri pariwisata dari kecil hingga besar. Dari diveshop hingga bisnis perhotelan skala besar dan kecil serta warung makan dan restoran dari berbagai kelas. Kota ini juga berkembang sebagai kota transit dan kota pelabuhan yang merupakan pintu masuk dari Sape, Nusa Tenggara Barat ke daratan Flores, Nusa Tenggara Timur.

Penduduk Bajo menganut agama Islam yang diturunkan secara turun temurun meskipun selama ratusan tahun penduduk Bajo hidup di antara penduduk Kristen. Mereka masih mempertahankan identitas mereka sebagai orang yang taat pada shalat lima waktu dan memegang teguh kepercayaan yang telah diturunkan kepada mereka sejak nenek moyang mereka. Suku Bajo juga dikenal menjunjung tinggi adat istiadat masyarakat setempat dan selalu menjaga kerukunan bersama. Mereka mampu bertahan dalam bidang ekonomi, sosial dan budaya karena persatuan dan kesatuan yang dibangun di antara mereka.

Letak Geografis Labuan Bajo

Labuan Bajo merupakan salah satu dari 9 desa dan kelurahan yang terletak di Kecamatan Komodo, Kabupaten Manggarai Barat, Provinsi Nusa Tenggara Timur. Labuan Bajo berada di ujung paling barat pulau Flores. Kawasan Labuan Bajo meliputi: Kampung Ujung, Kampung Tengah, Kampung Air, Lamtoro, Wae Kelambu, Wae Medu, Cowang Dereng, Wae Kesambi, Wae Bo, Lancang, Sernaru, Wae Mata, Pasar Baru, Pede, dan Gorontalo.

Labuan Bajo termasuk dalam Warisan Dunia UNESCO

Labuan Bajo dikenal sebagai Taman Wisata Nasional Pulau Komodo yang masuk dalam Warisan Dunia UNESCO dimana terdapat 2.000 ekor komodo. Status Labuan Bajo kini masuk dalam 5 destinasi wisata super prioritas Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif. Karena sekarang sudah banyak akses untuk mencapai Labuan Bajo.

Iklim di Labuan Bajo

Labuan Bajo beriklim tropis dengan suhu udara rata-rata 25,7 C dan curah hujan rata-rata 1349 mm. November adalah bulan terpanas sepanjang tahun dan Juli adalah yang terdingin.

Tempat Wisata di Labuan Bajo

Ada banyak sekali destinasi wisata di sini. Beberapa di antaranya adalah sebagai berikut:

Museum di Labuan Bajo

Hiburan malam di Labuan Bajo

Rekomendasi Tempat Kuliner di Labuan Bajo

Tips Perjalanan di Labuan Bajo

Exit mobile version