12 Tempat Wisata di Bandung Barat Yang Wajib Dikunjungi – Indonesia

“12 Tempat Wisata di Bandung Barat Yang Wajib Dikunjungi – Indonesia”

Kabupaten Bandung Barat adalah sebuah kabupaten di Provinsi Jawa Barat, Indonesia. Kecamatan ini merupakan pemekaran dari Kabupaten Bandung. Kabupaten ini berbatasan dengan Kabupaten Purwakarta dan Subang di sebelah barat dan utara, Kabupaten Bandung, Kabupaten Sumedang dan Kota Cimahi di sebelah timur, Kota Bandung di sebelah selatan, dan Kabupaten Cianjur di sebelah barat.

Kabupaten Bandung Barat mewarisi sekitar 1.400.000 penduduk dari 42,9% wilayah lama Kabupaten Bandung. Pusat pemerintahan Kabupaten Bandung Barat terletak di Kecamatan Ngamprah yang berada pada jalur Bandung–Jakarta.

Sejarah Bandung Barat

Wacana pemekaran Kabupaten Bandung menjadi 2 kabupaten telah muncul sejak tahun 1999. Berdasarkan surat dari Bupati KDH TK.II Bandung, H. Hatta Djati Permana, S.Ip. menyerahkan surat kepada Ketua DPRD yang saat itu dijabat oleh H. Obar Sobarna, S.Ip. Surat Permohonan Bupati Nomor 135/1235/Tapem tanggal 22 Juni 1999 perihal Permohonan Persetujuan Pemekaran Dati II Kabupaten Bandung. Bupati meminta kepada pimpinan dan anggota DPRD untuk mengabulkan dan mendukung rencana pemekaran Kabupaten Bandung menjadi Kabupaten Dati II Bandung dan Kabupaten Padalarang (sekarang Kabupaten Bandung Barat). Hal ini disambut positif oleh DPRD Kabupaten Bandung dengan terbitnya Surat Keputusan DPRD Dati II Bandung nomor 5/1999/12/07 tentang persetujuan awal DPRD terhadap pemekaran wilayah Kabupaten Dati II Bandung. Namun pada tanggal 23 Desember 1999, Ketua DPRD Kabupaten Bandung mengirimkan surat nomor 135/1499/TU tentang pemekaran Kabupaten Bandung yang berisi antara lain: , demi ketertiban dan kelancaran pelaksanaan lebih lanjut sesuai dengan UU No. 22 Tahun 1999.

Perkembangan selanjutnya menurut Undang-Undang Nomor 22 Tahun 1999, sebagian kecil wilayah Kabupaten Bandung yaitu Kota Administratif Cimahi ditingkatkan statusnya menjadi Pemerintah Kota Cimahi yang meliputi 3 Kecamatan yaitu Kecamatan Cimahi Selatan, Kecamatan Cimahi Tengah, dan Kecamatan Cimahi Utara. semakin tertunda karena Kota Cimahi sebelumnya merupakan bagian dari wilayah administrasi Kabupaten Bandung. Setelah Cimahi menjadi Kota Otonom yang lepas dari Kabupaten Bandung, tuntutan pemekaran Kabupaten Bandung kembali mengemuka seiring dengan dibukanya ruang-ruang publik untuk mencita-citakan keinginan membentuk daerah otonom baru. Hal ini dijamin oleh UU No.22/1999.

See also  Melihat keindahan kawah di Tangkuban Perahu – Indonesia

Tempat Wisata di Bandung Barat

1. Sanghyang Heuleut

Danau hijau kecil yang dikelilingi bebatuan menjadi lokasi favorit untuk berenang santai. Pepohonan di sekitar danau juga membuat suasana terasa lebih sejuk. Konon, warga sekitar menyebutnya sebagai tempat memandikan bidadari.

Lokasi: Desa Cipanas, Desa Rajamandala Kulon, Kecamatan Cipatat, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat Jam Operasional: 08.00-16.00 WIB

Harga Tiket : Rp 10 ribu

2. Gunung Putri

Gunung Putri konon merupakan tempat pelarian Dayang Sumbi yang tidak mau menikah dengan anaknya. Meski melegenda, gunung ini cocok untuk pemula, karena ketinggiannya hanya 1.587 meter di atas permukaan laut. Untuk mencapai puncaknya, hanya membutuhkan waktu sekitar 30 menit.

Lokasi: Jalan Gunung Putri Nomor 184, Desa Jayagiri, Kecamatan Lembang, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat Jam operasional: 24 jam

Harga Tiket : Rp 10-20 ribu

3. Curug Bugbrug

Air terjun setinggi 50 meter di atas permukaan laut ini masih sangat alami. Udara yang sejuk dengan pemandangan hijau disekitarnya membuat suasana menjadi tenang. Namun, fasilitasnya masih belum lengkap, jadi ada baiknya menyiapkan perbekalan.

Lokasi : Desa Kertawangi, Kecamatan Cisarua, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat Jam operasional: 24 jam

Harga Tiket : Rp 7.500

4. Orchid Forest

Bagi Anda pecinta bunga anggrek, cobalah berkunjung ke tempat ini. Tidak hanya cantik, tapi juga memberikan edukasi tentang penanaman anggrek. Dilengkapi dengan tempat outbond, cafe, taman kelinci, dan lain sebagainya.

Lokasi : Desa Cikole, Kecamatan Lembang, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat Jam operasional: 09.00-18.00 WIB

Harga Tiket : Rp 25-35 ribu

5. Curug Cimahi / Curug Pelangi

Sebelum melihat keindahan air terjun setinggi 87 meter di atas permukaan laut, Anda harus menuruni 587 anak tangga. Sesampainya di lokasi, suara air terjun dengan udara yang sejuk membuat hati semakin betah. Sayangnya, tidak disarankan untuk berenang di kolam tersebut, karena kedalamannya mencapai dua meter.

See also  Pantai Ujung Genteng Sukabumi – Indonesia, tersembunyi tapi menawan

Lokasi : Jalan Kolonel Masturi Nomor 325, Desa Kertawangi, Kecamatan Cisarua, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat Jam operasional: 08.00-18.00 WIB

Harga Tiket : Rp 20 ribu

6. Curug Malela

Air terjun Malela berasal dari sungai sebelah utara Gunung Kendeng. Arusnya cukup deras sehingga tidak disarankan untuk berenang di bawahnya. Jika beruntung, kamu bisa bertemu dengan ratusan kera, lho!

Lokasi : Desa Cicadas, Kecamatan Rongga, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat Jam operasional: 24 jam

Harga Tiket : Rp 5.000

7. Gunung Batu Padalarang

Bebatuan di kawasan Stone Garden konon sudah ada sejak puluhan juta tahun lalu. Sebelumnya, tempat ini dulunya merupakan dasar laut dengan bebatuan sebagai terumbu karang. Kini, tidak hanya melihat keindahan bebatuan, Anda juga bisa menikmati indahnya matahari terbenam.

Lokasi : Desa Gunung Masigit, Kecamatan Cipatat, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat Jam operasional: 08.00-17.00 WIB

Harga Tiket : Rp 12 ribu

8. Tebing Keraton

Tebing Keraton termasuk dalam kawasan Taman Hutan Raya Ir. H.Juanda. Berada di ketinggian sekitar 1.200 meter di atas permukaan laut, Anda bisa menikmati indahnya matahari terbit dan terbenam di tempat ini. Udaranya sejuk, dijamin bikin betah.

Lokasi: Desa Ciburial, Kecamatan Cimenyan, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat Jam operasional: 05.00-18.00 WIB

Harga Tiket : Rp 11 ribu

9. Sungai Cikahuripan

Aliran sungai Cikahuripan terbentuk dari anak sungai Citarum Purba. Aliran airnya mengikis bebatuan hingga membentuk ngarai terjal yang sangat instagenic. Airnya berwarna hijau kebiruan, dengan aliran yang beragam. Ada yang tenang seperti kolam, ada yang mengalir deras di antara bebatuan. Anda juga bisa bermain air di sini karena airnya yang bersih.

Lokasi : Desa Panyusupan, Desa Barangsiang, Kecamatan Cipongkor, Kabupaten Bandung Barat.

See also  Menguji Adrenalin, Arung Jeram di Citarik Sukabumi – Indonesia

Harga Tiket : Rp 10 ribu

10. Curug Ngebul

Curug Ngebul memiliki ketinggian kurang lebih 20 meter, dengan lebar lima meter. Air terjun ini terdiri dari dua tingkat. Air terjun pertama adalah air terjun tunggal, yang alirannya kemudian membentuk air terjun yang lebar dan rendah. Hal ini membuat pemandangan di Curug Ngebul menjadi istimewa, apalagi jika difoto dari kejauhan.

Lokasi : Desa Cisitu, Desa Sindangjaya, Kecamatan Gununghalu, Kabupaten Bandung Barat.

Harga Tiket : Rp 10 ribu

11. Gantole Cililin Hill

Anda bisa terbang bersama ditemani oleh pilot berpengalaman. Anda tinggal menikmati penerbangan sambil merekam keseruannya, pilot akan memastikan pengalaman terbang Anda menyenangkan. Jika tidak ingin terbang, Anda bisa berfoto dengan pemandangan yang indah di sini. Pengelolanya juga sudah menyediakan berbagai spot foto buatan agar hasil jepretanmu lebih keren.

Lokasi : Desa Pasirpanjang, Desa Singajaya, Kecamatan Cihampelas, Kabupaten Bandung Barat.

Harga Tiket : Rp 15 ribu

12. Gua kuno di Sanghyang Kenit

Tempat ini merupakan spot tersembunyi dari aliran sungai Citarum Purba yang letaknya dekat dengan PLTA Saguling. Sanghyang Kenit pada dasarnya adalah sungai yang dipenuhi bebatuan berwarna coklat. Aliran air yang tenang menciptakan banyak kolam alami yang menyegarkan, Anda bisa berendam dan bermain air di sini. Tempat ini dikelola oleh warga sekitar sehingga relatif tertata dan nyaman untuk dikunjungi.

Lokasi : Desa Cisameng, Desa Rajamandala Kulon, Kecamatan Cipatat, Kabupaten Bandung Barat.

Harga Tiket : Rp 5 Ribu

Leave a Comment

Your email address will not be published.