Pesona 11 Tempat Wisata di Cianjur – Indonesia

“Pesona 11 Tempat Wisata di Cianjur – Indonesia”

Sejarah Cianjur

Raden Djajasasana putra Aria Wangsa Goparana dari Talaga keturunan Sunan Talaga, membawa 100 cacah (orang) yang ditugaskan untuk membuka daerah baru bernama Cikundul. R. Djajasasana kemudian berhasil menahan serangan Banten dalam mempertahankan wilayahnya sehingga dianugerahi gelar panglima (Wira Tanu). Sehingga ia akhirnya dikenal sebagai Raden Aria Wira Tanu.

Aria Wangsa Goparana kemudian mendirikan Nagari Sagara Herang dan menyebarkan agama Islam ke daerah sekitarnya. Sementara itu, Cikundul yang sebelumnya hanya sebuah dusun, menjadi ibu nagari, tempat tinggal masyarakat Djajasasana. Beberapa tahun sebelum 1680 sub-nagari tempat Raden Djajasana dipanggil Cianjur (Tsitsanjoer-Tjiandjoer).

Letak Geografi

Sebagian besar wilayah Cianjur merupakan pegunungan, kecuali sebagian pesisir selatan berupa dataran rendah yang sempit. Lahan pertanian untuk tanaman pangan dan hortikultura, peternakan, perikanan, perkebunan dan kehutanan merupakan sumber kehidupan bagi masyarakat. Keadaan ini didukung oleh banyaknya sungai-sungai besar dan kecil yang dapat dimanfaatkan sebagai sumber irigasi bagi tanaman pertanian. Sungai terpanjang di Cianjur adalah Sungai Cibuni yang bermuara di Samudera Hindia.

Dari luas wilayah Kabupaten Cianjur 350.148 Ha, pemanfaatannya meliputi 83.034 Ha (23,71%) berupa hutan produktif dan konservasi, 58.101 Ha (16,59%) berupa lahan pertanian lahan basah, 97.227 Ha (27,76%) berupa dari lahan pertanian kering. dan tegalan, 57.735 Ha (16,49%) berupa lahan perkebunan, 3.500 Ha (0,10%) berupa tanah dan penggembalaan/pekarangan, 1.239 Ha (0,035%) berupa tambak/tambak, 25.261 Ha (7,20 Ha). %) berupa pemukiman/pekarangan dan 22.483 Ha (6,42%) berupa peruntukan lain.

Tempat Wisata di Cianjur

1. Kebun Raya Cibodas

Kebun Raya Cibodas terletak di Desa Rarahan, Kecamatan Cimacan, Cianjur yang berjarak kurang lebih 86 km dari Jakarta. Udara sejuk yang selalu menyelimuti kawasan ini dipengaruhi oleh letak Cibodas yang berada di ketinggian 1.500 meter di atas permukaan laut.

See also  Menjelajahi Geopark Ciletuh Sukabumi – Indonesia

2. Gunung Gede Pangrango

Terletak di kawasan Taman Nasional Gede Pangrango, Gunung Gede sering menjadi tujuan wisata alam, terutama bagi pecinta alam yang suka mendaki gunung. Anda bisa mendaki gunung dan berkemah sambil menikmati indahnya suasana alam di pegunungan.

3. Pantai Jayanti

Meski secara demografis Kabupaten Cianjur didominasi oleh pegunungan, jangan salah, di Cianjur juga terdapat dataran rendah, bahkan pantai. Pantai Jayanti merupakan tempat wisata di Cianjur yang menyuguhkan keindahan panorama pantai yang menawan. Ombaknya yang tidak terlalu ganas, memungkinkan pengunjung untuk bermain air dan pasir.

4. Curug Citambur

Jika ingin menikmati keindahan air terjun, dalam bahasa Sunda disebut “curug”. Anda bisa mengunjungi Curug Citambur. Lokasinya berada di Desa Karang Jaya, Kecamatan Pagelaran. Tempat wisata di Cianjur ini merupakan salah satu yang paling populer dan disukai oleh wisatawan dari dalam maupun luar kota.

5. Taman Bunga Nusantara

Taman Bunga Nusantara merupakan tempat wisata di Cianjur yang sudah ada sejak lama. Bisa dibilang, salah satu tempat favorit untuk dikunjungi. Lokasinya mudah dijangkau, tak heran banyak pengunjung dari Cianjur dan juga dari DKI Jakarta datang ke sini.

6. Curug Cibeureum

Sekarang ada juga air terjun Cibeureum yang tidak kalah indahnya dengan air terjun Citambur. Terletak di kawasan Cibodas, air terjun dengan ketinggian sekitar 50 meter ini juga menawarkan pemandangan alam yang indah dan mengesankan.

7. Telaga Biru

Telaga Biru merupakan salah satu tempat wisata di Cianjur yang disukai wisatawan saat berkunjung ke Taman Nasional Gunung Gede. Birunya air danau karena tertutup oleh ganggang biru menjadi alasan penamaan tempat wisata ini. Anda disuguhkan dengan pemandangan air danau yang berwarna biru.

See also  Pantai Ujung Genteng Sukabumi – Indonesia, tersembunyi tapi menawan

8. Gunung Padang

Gunung Padang satu lagi tempat wisata di Cianjur yang asyik untuk berlibur. Lokasinya di Desa Karyamukti, Kecamatan Campaka, Cianjur. Daya tarik utama tempat wisata ini adalah peninggalan sejarah purbakala berupa punden bertingkat yang luas bangunannya mencapai 900 m2. Banyak peninggalan benda-benda bersejarah megalitik di lokasi wisata ini.

9. Sungai Cikundul

Di Sungai Cikundul juga ada arung jeram, bisa menguji keberanian dan adrenalin, sungainya jernih dan luas sungainya cukup panjang. Jalur arung jeram sepanjang 7 km. Meski lokasi jeramnya cukup ekstrim dengan arus sungai yang deras, Anda tidak perlu khawatir karena aktivitas arung jeram didampingi oleh tim instruktur yang berpengalaman dan profesional.

10. The Jhon’s Aquatic Resort Cianjur

Tempat wisata ini terletak di Jl. Desa Babakan Karet, Kp. Tangkil, Kawasan Hutan Kota Cianjur, Panembong, Kabupaten Cianjur. Tempat wisata di Cianjur ini menawarkan keseruan permainan air, seperti waterball, boat lagoon, dan lain-lain. Selain itu, ada juga permainan seperti ATV, trampolin, flying fox, dan menunggang kuda.

11. Curug Cikondang

Ada satu lagi air terjun yang indah dan menawan, membuat Anda ingin pergi ke air terjun ini.

Leave a Comment

Your email address will not be published.