Liburan ke 10 Tempat Wisata Di Ciwidey – Indonesia

“Liburan ke 10 Tempat Wisata Di Ciwidey – Indonesia”

Ciwidey adalah sebuah desa di kecamatan Ciwidey, Bandung, Jawa Barat, Indonesia. Desa Ciwidey (1845) merupakan salah satu dari 7 desa yang berada di Pemerintah Kabupaten Bandung, dan terletak di Kecamatan Ciwidey, Kabupaten Bandung, Provinsi Jawa Barat. Kabupaten Bandung lahir melalui Piagam Sultan Agung Mataram yaitu pada tanggal 9 Muharram tahun Alif atau sama dengan hari Sabtu, 20 April 1641 M. Kabupaten Bandung terdiri dari 31 kecamatan yang dibagi lagi menjadi 277 desa dan kelurahan (pasca pemekaran). Pusat Pemerintahan terletak di Kabupaten Soreang. Desa Ciwidey mengalami perkembangan yang sangat pesat setiap tahunnya, hingga saat ini Desa Ciwidey lebih dikenal sebagai desa kota di Kecamatan Ciwidey, karena letaknya yang sangat strategis dengan tempat wisata. Topologi Desa Ciwidey merupakan daerah dataran rendah, berbukit dan dataran tinggi, dengan suhu udara rata-rata 23’C – 25’C.

Tempat Wisata di Ciwidey

1. Situ Patenggang

Situ Patenggang merupakan destinasi yang banyak dikunjungi anak muda. Daya tariknya adalah batu cinta yang terletak di Situ Patenggang. Batu cinta dipercaya oleh masyarakat sekitar sebagai tempat bertemunya Ki Santang dan Dewi Rengganis.

Tak hanya itu, ternyata ada juga tanah berbentuk hati. Tanah itu dikenal sebagai “Pulau Asmara” atau “Sasaka”. Nah, banyak yang percaya bahwa jika mereka datang ke sana, pasangan mereka akan bertahan selamanya.

Untuk rombongan keluarga juga cocok berkunjung kesini, anda bisa makan bersama di pinggir danau sambil melihat danau yang dikelilingi hutan. Anda juga bisa naik perahu dan berkeliling danau.

Harga tiket masuk wisata Situ Patenggang adalah Rp. 18.000 (wisatawan lokal), Rp. 135.000 (wisatawan asing). Sedangkan untuk hari libur, Rp. 20.500 (wisatawan lokal) dan Rp. 135.000 (Wisatawan Asing). Situ Patenggang buka setiap hari mulai pukul 08.00-20.00 WIB.

2. Perkebunan Teh Rancabali

Di tempat ini Anda dan rombongan keluarga atau teman bisa menikmati suasana kebun teh yang sangat sejuk dan bisa berfoto bersama. Untuk foto di tempat ini tidak dipungut biaya alias gratis, jadi kalian bisa berfoto-foto sampai puas.

See also  Melihat keindahan kawah di Tangkuban Perahu – Indonesia

3. Kawah putih Ciwidey

Selain Situ Patenggang, objek wisata di Ciwidey yang terkenal adalah Kawah Putih. Kawah Putih Ciwidey merupakan destinasi yang paling banyak dikunjungi wisatawan. Wisata di Ciwidey ini berlokasi di Jalan Raya Soreng, Sugih Mukti, Pasir Jambu, Kabupaten Bandung, Jawa Barat. Wisata Kawah Putih Ciwidey ini menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan. Ada sebuah danau kawah yang terbentuk dari letusan Gunung Patuha. Kawah ini dikelilingi oleh pasir putih yang indah dan warna airnya terkadang berubah-ubah. Hal ini bisa terjadi tergantung dari kandungan belerang yang ada di air kawah.

Tak hanya itu, kawasan yang sejuk, dingin dan segar membuat wisatawan yang berkunjung betah berada di sana. Ditambah pemandangannya yang sangat eksotis dan sayang untuk tidak mengabadikannya. Tempat wisata di Ciwidey ini bisa anda berfoto dengan background yang begitu indah. Tak heran jika banyak pasangan pengantin yang berfoto prewedding di Kawah Putih Ciwidey.

Harga tiket masuk Kawah Putih cukup murah. Untuk wisatawan lokal Rp.18.000 per orang (hari libur atau reguler). Dan untuk turis asing Rp50,00 per orang (hari libur atau weekdays). Kawah Putih Ciwidey buka setiap hari mulai pukul 07.00 hingga 17.00 WIB.

4. Kawah Rengganis

Kawah Rengganis terletak di Jalan Rancabali-Patengan, Rancabali, Kabupaten Bandung, Jawa Barat. Sebenarnya Kawah Rengganis ini dikenal dengan nama Buni. Itu karena asal muasal tempat ini adalah di Cibuni. Tempat wisata di Ciwidey ini di kalangan wisatawan terkadang mengatakan lebih ramah dari Kawah Putih. Di Kawah Rengganis, pemandangan sekitar lebih indah dan bau belerang tidak terlalu menyengat.

Nah, daya tarik lain dari kawah ini adalah airnya yang bisa kita manfaatkan untuk mandi. Selain segar tentunya sangat berkhasiat untuk kesehatan. Wisata ini sangat cocok untuk Anda menyegarkan dan menenangkan pikiran dengan mandi air hangat.

Harga tiket masuk ke Kawah Rengganis adalah Rp. 5.000 per orang baik untuk wisatawan lokal maupun mancanegara. Sedangkan Kawah Rengganis buka setiap hari mulai pukul 08.00 hingga 17.00 WIB.

See also  Pantai Ujung Genteng Sukabumi – Indonesia, tersembunyi tapi menawan

5. DRiam Riverside

Lokasinya di Jalan Raya Soreang Ciwidey KM 25, Kecamatan Pasir Jambu, Bandung.Tempat ini mengusung konsep wisata alam yang dipadukan dengan wisata buatan. Maka dari itu, banyak sekali wahana yang bisa dijadikan spot foto hits yang instagramable banget. Beberapa wahana antara lain Bamboo Bridge, Hover Tent, Driam Swing, Double Swing dan Tarzan Swing yang sangat indah dan unik. Keberadaan resort bernuansa alam ini akan membuat Anda serasa menginap dan menyatu dengan alam bebas. Namun tetap dengan fasilitas yang nyaman dan modern.

6. Pemandian Air Panas Ciwalini

Di tempat wisata ini, Anda dan keluarga bisa mandi air panas. Ada berbagai tingkat suhu air panas, dari yang paling panas hingga yang sedang. Air panas ini berasal dari sumber alami dari pegunungan, jadi Anda tidak perlu khawatir dengan airnya.

Bagi anda yang ingin berkunjung ke Rancawalini, harga tiket masuknya adalah Rp. 15.000 per orang. Sedangkan biaya parkir sebesar Rp. 15.000 (Bus) dan Rp. 3.500 (Mobil).

7. Valley Resort Ciwidey

Ciwidey Valley Resort terletak di Jalan Batu Tunggul Km. 17 Alam Endah Rancabali, Kabupaten Bandung, Jawa Barat. Daya tarik utama dari tempat wisata baru Ciwidey ini adalah bermain, bersantai dan bermalam di kawasan yang menarik dan nyaman.

Ada kolam renang yang sangat memanjakan Anda saat datang ke tempat ini. Kolam renang disini menggunakan air panas. Sehingga akan menambah kenyamanan anda dalam berwisata di Ciwidey Valley Resort. Fasilitas kolam renang juga memiliki beberapa perosotan dan wahana lainnya.

Wisata Lembah Ciwidey ini merupakan tempat yang sangat populer bagi para wisatawan. Harga tiket masuknya hanya Rp. 40.000 per orang. Keunikan lainnya, ada camping yang sekelas dengan hotel. Namanya Glamping (Camping Ground Lembah Ciwidey). Harga untuk satu malam mulai dari Rp. 1.050.000. Harga tiket masuk Ciwidey Bandung hanya Rp. 10.000 per orang. Harga tersebut berlaku pada hari kerja dan hari libur. Ciwidey Valley Resort buka setiap hari mulai pukul 08.00-17.00 WIB.

See also  Pesona 11 Tempat Wisata di Cianjur – Indonesia

8. Perkemahan Bumi Ranca Upas

Untuk tempat yang satu ini menjadi favorit para pecinta alam, anda bisa berkemah di pinggir danau dan bisa melihat rusa di sekitar ranca upas. Selain fasilitas di atas, Rancaupas juga memiliki berbagai arena permainan yang menyenangkan. Diantaranya adalah High rope, Flying Fox, dan masih banyak lagi. Fasilitas lainnya antara lain pusat layanan informasi, mushola, warung makan, dan persewaan peralatan camping.

Harga tiket masuk ke Rancaupas adalah Rp 10.000 per orang. Sedangkan biaya parkir sebesar Rp. 2.000 (sepeda motor), Rp. 5.000 (mobil) dan Rp. 20.000 (bis). Obyek Wisata Rancaupas buka 24 jam setiap hari.

9. Bukit Jamur

Daya tarik wisata ini bisa dilihat dari namanya yaitu bukit jamur. Yang dimaksud wisata ini bukanlah bukit yang banyak jamurnya. Namun di atas bukit ada pohon pinus kecil yang bentuknya seperti jamur. Kawasan ini menjadi salah satu tempat favorit untuk hunting foto. Untuk harga tiket masuk di kawasan ini gratis tanpa dipungut biaya apapun. Hal ini dikarenakan lokasi tersebut merupakan kawasan persinggahan dan belum diresmikan sebagai tempat wisata.

10. Taman Alam Cimanggu

Taman wisata Cimanggu akan memanjakan Anda dengan fasilitas lengkap lainnya. Terdapat fasilitas permainan seperti Playing Ground, Kayak, Flying Fox, High Rope, ATV dan persewaan kuda. Jika ingin menginap di Taman Wisata Cimanggu juga tersedia penginapan. Penginapan murah ini bernama Cimanggu Cottage Ciwidey.

Harga sewanya Rp 400.000 per malam. Harga tiket masuk ke pemandian air panas ini adalah Rp. 16.000 (weekdays) dan Rp. 23.500 (hari libur). Sedangkan untuk wisatawan asing Rp. 100.000, apakah itu hari libur atau tidak. Wisata ini buka setiap hari mulai pukul 08.00-20.00 WIB.

Leave a Comment

Your email address will not be published.